An Important Winning

Blogs

Edisi 04, Jum’at 11 September 2015

Kalau ada salah satu kemenangan penting dalam kehidupan seseorang, maka saya akan argue bahwa kemenangan dalam produktivitas sehari-hari adalah salah satunya.

Seseorang bisa menjadi mahasiswa teladan, aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan lulus dengan nilai terbaik.  Tetapi kalau dia tidak berhasil memenangkan perlombaan menjadi orang yang produktif setiap harinya di tempat kerja, maka bisa jadi pencapaiannya di tempat kerja tidak akan sebaik ketika mahasiswa.

Seseorang bisa menjadi karyawan yang rajin.  Sangat mendukung Bos nya.  Loyal pada organisasi.  Tetapi kalau dia tidak berhasil untuk secara konsisten produktif setiap harinya, bisa jadi prestasinya kalah cemerlang dengan mereka yang produktif.

Seorang CEO bisa jadi orang yang pintar dan strategik.  Sangat pintar mempengaruhi orang lain.  Tetapi kalau ia tidak bisa mendefinisikan bagaimana mencapai produktivitas kerja yang lebih tinggi setiap harinya, maka bisa jadi perusahaannya akan kalah bersaing dengan kompetitornya.

Mungkin ada sedikit hiperbolik dalam kalimat-kalimat saya di atas.  Tetapi saya meyakini bahwa kalau kita terus fokus untuk menjadikan hari kita lebih produktif maka dalam jangka panjang, kita menjadi pemenang dalam kehidupan ini.  Kita mencapai apa yang ingin kita capai.  Kita sukses.

Menjadi produktif tidak berarti mengoptimalkan diri secara berlebihan.  Seorang petenis yang ingin berhasil dalam jangka panjang tidak bisa mem-push dirinya berlebihan sehingga dia memenangi beberapa pertandingan tetapi kemudian tubuhnya kelelahan.  Bahkan ia juga paham bahwa cara-cara dia bermain yang ber-resiko mencederai dia, perlu diperbaiki, sehingga tubuhnya tidak hanya fit tetapi juga jarang mengalami cedera.  Produktivitas diri umumnya berarti kinerja yang berkelanjutan, bukan sekedar kinerja jangka pendek.

Meskipun demikian, produktivitas diri memang dimulai dengan definisi kita sendiri mengenai bagaimana sebuah hari yang produktif.  Seberapa sibuknya, seberapa menyenangkan, bagaimana impact yang ingin kita capai.  Dan kalau kita sudah bisa mengintegrasikan antara aktivitas yang menyenangkan dan impactfull dan berhasil secara konsisten dari hari ke hari mencapainya, maka pada saat itu kita memenangkan salah satu pertandingan yang paling penting dalam hidup kita.  Yaitu ketika kita tidak hanya berupaya mencapai dream kita, tetapi memilih dream yang tepat bagi hidup kita.  An enjoyfull productive day.

G. Suardhika

Trainer dari Training Modern Time Management Jakarta

Incoming search terms:

  • content