Antara Ingin, Mampu dan Sesuai

Comment

Blogs

Edisi 217, 19 Juni 2018

Bos Anda mendadak datang ke ruangan Anda, memberikan tugas yang berat, padahal sebentar lagi Anda sudah harus pulang merayakan aniversary pernikahan Anda.  Anda sudah mengatur prioritas pekerjaan sedemikian rupa dengan baik untuk memasikan Anda bisa pulang on time hari ini.  Tapi, semua buyar…..Apa yang akan Anda lakukan?

Anda bisa memilih melakukan apa yang ingin Anda lakukan, marah-marah dan kesal pada Bos Anda.  Atau apa yang mungkin mampu Anda lakukan secara fisik, memegang kerah Bos Anda yang berbadan kecil itu, lalu mengangkatnya tinggi2.  Tapi apakah itu respond yang sesuai?

Respond produktif tentunya adalah memilih respond yang sesuai.  Sesuai berarti sesuai dengan posisi kita dibanding yang lain.  Sesuai dengan situasi yang ada.  Sesuai dengan tujuan yang kita ingin dapatkan dari respond tersebut (efektif).

Memilih yang ingin berarti kita hanya mengikuti emosi sesaat kita.  Ketika menghadapi tugas penting yang berat, kita memilih melakukan tugas yang menyenangkan saja.  Ketika kita ketemu Bos yang tidak menyenangkan, kita memilih tidak mendukungnya.  Ketika menghadapi bawahan yang ngelawan, kita memilih memusuhinya.  Memilih yang ingin kita lakukan pada saat kita tidak memiliki power akan menyebabkan kita cenderung jatuh pada posisi pasive aggresive (menolak secara diam-diam).

Sementara itu bila kita memiliki power, maka kita bisa memilih yang mampu.  Kita marah dengan teriak sekeras-kerasnya karena kita mampu.  So what.  Yang lain nggak mampu kan?  Kita bolos masuk ketika lagi bad mood, karena kita merasa kita mampu melakukannya.

Memilih ingin dan mampu hanya akan membawa pada kepuasan sesaat, tidak akan membawa pada kesuksesan dan kebahagiaan.  Sementara itu, memilih yang sesuai, memerlukan kematangan diri untuk memahami diri, memahami tujuan dan memahami konstelasi sosial yang ada.  Dalam hal ini kita perlu memahami peran kita, posisi kita, perasaan orang lain, apa yang orang lain harapkan dari kita, karir yang kita impikan, dan seterusnya.

Memilih yang sesuai berarti kita mendekatkan ideal self kita dan mempunyai fokus yang baik dalam hidup kita.  Berarti kita menjalankan MPD dengan baik.

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *