Antara Segera dan Darurat

Antara Segera dan Darurat

Edisi 268, 07 Mei 2019

Produktivitas optimal datang dari konsistensi dalam memprioritaskan aktivitas penting, yaitu aktivitas yang memberikan manfaat optimal bagi hidup.  Kita akan mengalami off track ketika kita tidak cukup konsisten untuk melaksanakan hal tersebut.  Keluar jalur ini bisa disebabkan karena alasan yang manusiawi, karena sebagian dari aktivitas penting tersebut tidak menyenangkan, sedangkan manusia lebih tertarik pada hal menyenangkan.  Bisa juga disebabkan karena beban kerja yang meningkat tanpa bisa dikendalikan dengan baik. 

Diperlukan awareness yang baik untuk bisa memahami bila ada hal yang kurang beres dalam berbagai aspek penting.  Bagaimana cara Anda tahu bahwa relasi dengan partner Anda bermasalah?  Pada saat awal atau ketika sudah terlambat?  Bagaimana cara Anda tahu bahwa Anda kurang baik dalam merawat fisik Anda?  Pada saat awal atau ketika sudah jatuh sakit?

Awareness yang baik akan memberikan signal awal sehingga Anda dapat menanganinya sesegera mungkin.  Resiko dari tidak aware terhadap masalah yang ada adalah: urgent & emergency.

Kedua kata tersebut menunjukan adanya situasi darurat, tetapi keduanya mempunyai nature yang berbeda.  Perbedaan pertama terkait dengan predictabilitas-nya.  Urgent bisa diprediksi kemunculannya, ketika tenggat waktu sebuah pekerjaan semakin dekat. 

Emergency lebih sulit diprediksi.  Dia bisa disebabkan oleh kegagalan sistem atau force majeur(contoh: bencana alam), ataupun ketidakmampuan kita mengelola aspek vital dalam hidup.  Indikatornya lebih semu dan lebih sulit diantisipasi, sehingga memerlukan awareness yang lebih besar.  Bila kita sudah masuk pada emergency umumnya lebih sulit bagi kita untuk mengembalikan keadaan ke kondisi normal sebelumnya. 

Pada hal yang urgent kita memahami prosesnya sampai dia menjadi urgent.  Sementara itu pada yang emergency, walaupun kita tahu bahwa menjaga pola makan yang sehat itu penting, tetapi proses kerusakan di tubuh kita berlangsung dengan lebih tidak terasa sampai akhirnya kita jatuh sakit.  Karenanya dalam hal-hal tersebut, rumusnya adalah lebih baik mencegah daripada mengobati.  Dan proses pencegahan itu walaupun hasilnya tidak langsung terlihat, perlu secara konsisten diterapkan. Keduanya, Segera dan Darurat, bisa dihindari bila kita konsisten dalam mengutamakan prioritas hidup kita dan aware terhadap kondisi yang ada. 

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to cs@produktivitasdiri.co.id

× Butuh info?