Be Excellent a Anything (2010)

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 126, Jumat, 30 Desember 2016

be-exellentKolaborasi Loehr dan Schwartz yang telah begitu baik menghasilkan buku The Power of Full Engagement, sayangnya tidak berlanjut.  Buku kedua ini adalah karya Tony Schwartz, yang telah menggulirkan The Energy Project sebagai kendaraanya untuk menjadi seorang konsultan, setelah sebelumnya dikenal sebagai jurnalis ulung.

Buku ini memang tidak menawarkan sebuah struktur konsep yang baru, namun ia melakukan pendalaman yang diperlukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail dari konsep ini.  Pendalaman konsep ini diuraikan dengan lebih jelas di Bab I.  Bab-bab selanjutnya menguraikan konsep tersebut dengan struktur yang mirip dengan buku sebelumnya.

Dengan pendekatan manajemen enerjinya, buku ini mengedepankan pentingnya kehidupan yang seimbang.  Karenanya kisah tragis dari ex CEO Firma Akuntansi KPMG, Eugene O Kelly, dipetik di bagian awal dari buku ini (hal 26).  Pada tahun 2004, pada usia 54, Kelly didiagnosa mengidap penyakin tumor otak yang fatal.  Dalam sisa akhir hidupnya ia menuliskan buku Chasing Daylight yang mengisahkan penyesalannya karena menjalani kehidupan yang tidak seimbang.

Keunggulan dari buku ini, seperti juga di buku sebelumnya, adalah kemampuannya membangun konsep yang integratif terkait pengelolaan enerji yang ditarik dari berbagai penelitian dan teori terkait.

Terkait dengan MPD, maka penelitian mengenai ‘implementation intentions’ bisa jadi merupakan salah satu konsep yang akan meningkatkan keberhasilan sebuah rencana secara signifikan.  Sebuah eksperimen yang menugaskan partisipannya untuk membuat rencana lebih detail mengenai kapan dan bagaimana ia akan membuat laporan, telah meningkatkan kemungkinan keberhasilan sampai 91 persen.  (halaman 39).

Manajemen enerji, seperti juga MPD, memang selalu berusaha mencari rahasia dibalik kinerja yang optimal (dan produktif) yang tidak cukup dijelaskan hanya dengan pengalaman.  Tidak heran bila Colvin, seperti dikutip Schwartz di halaman 7, mengatakan bahwa pengalaman belum tentu meningkatkan kinerja, bahkan dalam beberapa kasus panjangnya waktu pengalaman menimbulkan kinerja yang lebih buruk.

Mengelola enerji dengan lebih baik, mungkin bisa jadi salah satu agenda resolusi Anda di 2017.

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Sedang

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 75%

Urutan Bacaan dibanding buku yang lain: Tengah

Recommended Video, Audio dan Research

Judul buku ini ketika pertama diterbitkan adalah, ‘The way we are working is not working’.  Berikut video dengan judul tersebut di google talks dan ted talks.

https://www.youtube.com/watch?v=6pm9R1d-7Us&t=14s.

https://www.youtube.com/watch?v=smrMWv5rcCo&t=7s.