Browsing dan Produktivitas Diri

Blogs

Edisi 33,  Selasa, 22 Desember 2015

Efek lain dari teknologi yang mempengaruhi produktivitas diri adalah internet dan dorongan kita untuk menjelajahinya.  Manusia modern diberkahi kesempatan untuk bisa menjelajahi informasi yang ada di internet.  Sebuah proses mencari informasi yang pada 10 atau 20 tahun lalu memerlukan berhari-hari, sekarang kita memerlukan beberapa menit untuk bisa menemukannya.  Namun seberapa jauh kita dapat mengendalikannya?  Seberapa cepat kita dapat memilah browsing dengan tujuan yang jelas atau tidak.

Aware terhadap tujuan browing berarti kita tahu apa yang ingin kita cari dan kita bisa berhenti kapan kita merasa sudah menemukannya atau ketika kita menyadari bahwa proses pencarian kita sudah terlalu sulit sehingga membuang waktu saja.  Browsing menjadi sia-sia ketika kita browsing sekedar memenuhi keingintahuan tanpa manfaat yang jelas.

Ada 3 level tingkat kebutuhan kita terhadap informasi.  Pertama adalah informasi yang sangat diperlukan untuk proses pengambilan keputusan dalam jangka waktu dekat.  Baik itu terkait pekerjaan atau personal.  Misalnya, saya ingin membeli lemari es baru.  Saya browsing untuk mengetahui feature yang paling pas dengan kebutuhan saya.  Bila saya paham apa kebutuhan saya dengan baik, maka saya bisa fokus pada 3 feature utama dan bisa segera menemukan beberapa lemari es yang memenuhi kriteria.

Walaupun yang kita lakukan adalah browsing dengan tujuan yang jelas tetapi kalau kita tidak membatasi diri dengan kriteria dan waktu yang jelas, bisa jadi proses pencarian kita berjalan tanpa ujung dan kita menghabiskan terlalu banyak waktu saja.

Kedua  adalah informasi yang kita butuhkan tapi tidak terkait dengan pengambilan keputusan jangka pendek, namun hanya bersifat pengetahuan umum.  Seorang pemimpin akan memerlukan mengembangkan wawasan dalam kepemimpinannya, cara berkomunikasi, mempengaruhi orang, dll.

Ketiga adalah informasi yang hanya for fun.  Disinilah biasanya kita mencari informasi terkait hobi kita ataupun kita tertarik untuk membuka link yang terkait gosip.

Bila kemudian kita aware akan tujuan dari browsing internet kita pada waktu tertentu, maka kita dapat lebih mengendalikan waktu yang kita gunakan untuk setiap jenis tujuan tersebut.  Apalagi bila ini terjadi di tempat kerja, yang tentu akan mempengaruhi produktivitas karyawan.

G. Suardhika

Trainer dari Training Modern Time Management Jakarta