Crazy Busy by Edward M. Hallowell, MD (2007)

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 44, Jumat, 29 Januari 2016

Crazy BusyBagaimana bila seorang pakar ADD (Attention Deficit Disorder: kelainan yang yang diindikasikan dengan kesulitan berkonsentrasi), yang juga seorang ADD (halaman 217) kemudian menuliskan tip nya dalam mengelola perhatian di dunia yang super sibuk?

Ned Hallowell (www.drhallowell.com) adalah seorang psikiater dari Harvard dan seorang yang cukup produktif dalam menulis buku.  Inilah buku pertamanya tentang pengelolaan perhatian yang terdiri atas 35 tulisan pendek dan dibagi atas 2 bagian: bagian pertama menggambarkan situasi yang ada (Overbooked and About to Snap).  Bagian kedua adalah cara mengatasinya (Creating a System that Works for You).

Premisnya adalah kesulitan kita mengendalikan pekerjaan dan aktivitas kita terjadi karena kita overcommited, overstretched dan overbooked.  Kita ingin melakukan banyak hal sekaligus.

Menyusun buku dari rangkaian tulisan pendek umumnya akan menyulitkan penulis untuk menghindari tumpang tindih makna antara satu tulisan dengan tulisan lainnya.  Sehingga sebagian dari tulisan di buku ini tidak menawarkan hal yang baru.  Tetapi, sebagian yang lain memberikan nilai lebih pada buku ini.

Hallowell berbicara tentang, apa yang dia sebut Ritme (Rythm), di bab 11.  Yang dimulai dengan kisahnya ketika bekerja di sebuah restoran.  Bagaimana bisa mengelola banyak pelanggan sendirian, dari mulai di dapur, melayani, sampai dengan di kasir.  Ritme menjelaskan bagaimana kemampuan untuk mengelola fokus, mensinkronisasikan dengan tindakan dan menjaga awareness kita terhadap beberapa indikator penting, akan terintegrasikan menjadi kebiasaan yang diperlukan untuk mengoptimalkan kerja.

Dalam buku ini Hallowell senang menciptakan istilah-istilah baru, salah satunya adalah screensucking, melakukan aktivitas yang tidak bertujuan di komputer kita.  Bisa browsing ataupun mungkin chatting yang tidak bertujuan (hal. 72).

Buku ini bisa dibilang memberikan gambaran yang lengkap mengenai situasi overwhelmed yang dihadapi seseorang.  Yang menghambat ia untuk menjadi efektif dalam kerjanya.

Untuk keluar dari situasi tersebut, Hallowel menyarankan perpindahan dari situasi kacau tersebut, yang ia sebut f state (frenzied, feckless, fultered) ke c state (calm, cool, collected) dengan cara sensitif terhadap kondisi kita dan kemudian menarik nafas dan beristirahat untuk kembali mendapatkan perspektif yang kita perlukan (hal. 95).

Bagian kedua dari buku ini, menurut saya lebih menarik karena menawarkan cara dan latihan untuk mengatasi hal tersebut.  Diantaranya adalah dengan mendata aktivitas kita berdasarkan hitungan jumlah jam per hari, tingkat usaha yang diperlukan untuk menyelesaikannya, tingkat kepuasan/kebermanfaatan kita dari aktivitas tersebut (fulfillment factor) dan tingkat keharusan (necessity factor) (hal 160).  Di bagian ini Ned terkesan berusaha untuk menemukan formula untuk kita dapat mengelola aktivitas kita dengan lebih tajam.

Secara keseluruhan ini buku yang menarik dan bermanfaat.  Disampaikan dengan ringan.  Walaupun sebagian bab terkesan tidak mempunyai isi ataupun pesan sejernih sebagian bab lainnya.  Namun dengan memahami dan menerapkan tip yang disampaikan, bisa jadi kita dapat terus meningkatkan produktivitas kerja kita.

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Rendah

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 80 %

Level bacaan: pemula

Recommended Video

Dari berbagai video nya di youtube yang terkait dengan buku ini, saya kira ini yang paling lengkap: “Take Back Control, Presentation by Dr. Edward Hallowell’: https://www.youtube.com/watch?v=HhoXGXtShGs.

G. Suardhika

Trainer dari Training Modern Time Management Jakarta