First Things First by Roger & Rebecca Merril, and Stephen Covey (1994)

Comment

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 199, Jumat 23 Pebruari 2018

First Things First (FTF) adalah salah satu kebiasaan dari Tujuh Kebiasaan Manusia Effective Stephen Covey.  Buku ini menggali kebiasaan ketiga tersebut.  Kali ini Covey dibantu oleh suami istri Roger dan Rebecca Merrill. Sudut pandang dan prinsip yang dibawa Covey dari buku 7 Habits sangat mewarnai pendekatan ini.

Buku ini menekankan pentingnya menggunakan mindset principle center ataupuan quadrant II oriented dalam mengarahkan aktivitas kita sehari-hari.  Bagian pertama dari buku menekankan pentingnya meninggalkan kebiasaan hidup yang tergesa-gesa dengan meyakini isunya bukan mengerjakan lebih banyak aktivitas tetapi memilih aktivitas yang paling utama (first things first). 

Ada empat kebutuhan dan kapasitas utama manusia, yaitu to live, to love, to learn & to leave a legacy.  Empat kebutuhan tersebut, menurut buku ini, perlu digunakan untuk mengarahkan aktivitas kita sehari-hari.

Bagian kedua kemudian menggambarkan bagaimana menerapkan pengelolaan aktivitas berdasarkan kuadran II tersebut dengan menurunkannya melalui Visi/Misi, Peran, Tujuan dan Pengelolaan Mingguan.  Dengan penuangan perspektif secara jelas tersebut diharapkan setiap harinya kita dapat lebih jernih memilih aktivitas yang menjadi prioritas.

Seperti juga pada buku 7 Habits yang menekankan pentingnya pergesaran paradigma dalam mengelola relasi dari dependence ke interdependence maka bagian ke-3 buku ini menguraikan arti dari hubungan yang interdependence dan sinergi tersebut bagi pencapaian kehidupan yang optimal.

Saya menemukan bahwa lampiran A terkait dengan pembuatan Mission Statement dan lampiran B terkait dengan review literatur Manajemen Waktu juga menarik dan bermanfaat bagi para peminat pengembangan diri dalam area ini.

Buku ini dan buku GTD merupakan 2 buku utama yang menjadi dasar dari pendekatan MPD.  Kedua buku ini juga saling melengkapi.  Bila FTF sarat dengan prinsip, perspektif dan value maka GTD lebih kuat dalam pendekatan teknis dan mekanistis.  Memahami buku ini baru akan terasa lengkap bila Anda telah membaca buku 7 Habits of Highly Effective People, buku yang telah membuat Covey terkenal dan menjadi dasar dari pendekatan pelatihan dan konsultansinya.

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Sedang

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 99%

Level bacaan: tengah awal

Recommended Video/Audio

Sayangnya tidak ada satu video yang comprehensive terkait buku ini.  Kebanyakan video Covey terkait dengan 7 Habits.  Video berikut hanya sebuah video singkat yang membahas kebiasaan ke 3, First Things First sebagai bagian dari 7 Habits:  https://www.youtube.com/watch?v=ECPBPpayZVU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *