Grit, The Power of Passion and Perseverance by Angela Duckworth (2016)

Comment

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 147, Jumat, 28 April 2017

Pesan utama dari buku ini sebetulnya sudah didengungkan cukup lama.  Sejak populernya buku Talent is Overrated dari Geoff Colvin, pada 2008, beberapa buku sudah muncul mempertegas pesan tersebut dan menekankan pentingnya kerja keras sebagai penentu keberhasilan.  Sebagai mana juga disampaikan oleh Gladwell dengan istilah 10 thousand hours, di bukunya Outliers.

Yang berbeda adalah ini: Duckworth secara serius membahas topik ini dan menjadikannya sebagai salah satu fokus dari research-nya.  Angela adalah typical seorang researcher yang senang mengutak-atik data tetapi agak kerepotan dalam membangun teori. Ini diakuinya di dalam bukunya ketika ia menceritakan bagaimana pembimbingnya, Marty Seligman (halaman 41), mengingatkannya untuk membentuk teori.

Angela menemukan Grit sebagai variabel utama penentu seseorang mencapai prestasi tertinggi.  Skala Grit yang ia ciptakan terdiri atas aspek passion & perseverance.Grit merupakan bagian dari karakter yang perlu dibentuk, yang menjadi fokus perhatian dan penelitiannya sebagai co founder dari Character Lab (banyak hal menarik yang diperlukan dunia pendidikan yang ada di web nya https://characterlab.org/).

Bukunya Grit dibuat dengan keseriusan seorang Angela.  Ia melakukan berbagai penelitian terkait Grit dengan berkolaborasi dengan berbagai peneliti ternama.  Melakukan berbagai wawancara dengan Grit Paragon, mereka yang menunjukan karakter Grit secara luar biasa, sehingga kita memperoleh perspektif yang lebih lengkap mengenai Grit.

Di buku Grit, saya tidak menemukan definisi Grit.  Baru di presentasinya di Bett Keynote (link ada di bawah), terdapat definisi GritGrit didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengembangkan passion dan perseverance untuk mencapai long term goal. 

Di bagian II bukunya, Angela menjabarkan 4 aspek yang bisa mendorong munculnya Grit: Minat, Practice (latihan), Purpose & Hope.  Tidak semua orang mengembangkan Grit dari minat, ada juga yang memulainya dari purpose.  Minat lebih berorientasi ke dalam diri, sedangkan purpose lebih berorientasi ke manfaat bagi lingkungan.  Angela menemukan bahwa ada korelasi positif antara Grit dengan Purpose.  Semakin orang mampu mengaitkan aktivitasnya dengan satu tujuan di luar dirinya, semakin ia akan mempunyai grit yang besar untuk mencapainya.

Di bab Practice (Ch 7), Angela memasukan konsep deliberate practice dari Anders Ericsson.  Namun, seperti diuraikan pada artikel sebelumnya, bila Ericsson membatasi konsep tersebut pada satu bidang yang lebih spesifik (profesi yang memiliki rule sukses yang lebih jelas), Angela membuka penerapannya dengan lebih luas.

Salah satu yang menyebabkan orang bertahan dalam tingkat kesulitan yang tinggi ketika mencapai puncak prestasi adalah Hope (Ch 9): sebuah keyakinan bahwa ia mampu mengatasi tantangan yang ada dan keluar sebagai pemenang.

Terkait dengan goal, Angela mengingatkan tidak hanya pentingnya fokus pada long term goal tetapi juga pada top level goalGrit Paragon tidak akan menghabiskan enerji pada goal yang berada di level yang bawah (hal 62 – 66).

Pada bagian III buku ini, penulis kemudian membahas bagaimana mengembangkan Grit dari luar diri.  Salah satu yang menarik adalah tip nya mengenai parenting di chapter 10, yang menekankan perlunya pengasuhan yang menggabungkan antara tuntutan dan dukungan sehingga anak didorong untuk mencapai hasil yang optimal.

 

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Sedang

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 65%

Urutan Bacaan dibanding buku yang lain: Akhir

 

Recommended Video, Audio dan Research

Bett Keynote: https://www.youtube.com/watch?v=smHZNr5qOb0

On the Summit on Education: https://www.youtube.com/watch?v=tBRjmjsbrcE (lebih fokus ke arah aplikasinya di pendidikan).

Incoming search terms:

  • terjemahan buku grit angela duckworth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *