Jenis DA (1): DA Lengkap

Comment

Blogs

Edisi 181, 7 November 2017

Ada berbagai jenis DA bisa dibuat.  Kebanyakan referensi membedakan atas dua jenis DA berikut ini, DA Lengkap (Master List) dan DA Harian.

DA lengkapbertugasmenampungsemuahal yang teringat yang perludilakukan.Tujuan DA Lengkap adalah menghilangkan kebutuhan otak untuk mengingat apa yang perlu dilakukan.  Dengan demikian, pada saat ini kita tidak perlu membebani diri kita untuk menentukan jenis aktivitas tersebut.  Tuliskansaja, walaupunituberartiAndaakanmempunyaiberlembar-lembarhalaman.  Dengan sendirinya ketika Anda menuliskan secara intuitive Anda juga mulai membedakan antara penting dan segera.

DA Lengkap bisa berasal dari beberapa sumber:

  • Dari ingatan Anda
  • Dari keinginan dan mimpi Anda
  • Dari proyek tertentu yang sedang Anda kerjakan. Proyek adalah rangkaian aktivitas, baik terkait kerja atau tidak, yang sudah Anda putuskan untuk Anda kerjakan dan selesaikan.
  • Dari penurunan goal yang ingin Anda capai dari berbagai area hidup: keluarga, karir, dll
  • Dari berbagai peran Anda, sebagai ibu/ayah/anak/manajer/staf, dst nya
  • Dari berbagai tugas yang tertulis di dalam desripsi jabatan
  • Dari berbagai permintaan akan bantuan yang datang bisa dari WA, email, telepon, dll
  • Dan lain sebagainya.

Kita tahu bahwa DA kita sudah lengkap adalah ketika kita merasa sudah tidak ada lagi hal yang penting yang perlu dituliskan.  Melihat berlembar-lembar DA lengkap bisa membuat seseorang frustasi, tetapi kita Cuma perlu meyakinkan diri kita bahwa tidak semua hal perlu dilakukan segera.  Sebagian besar adalah apa yang menurut David Allen masuk dalam kriteria someday/maybe: suatu saat nanti mungkin kita lakukan.

DA Lengkap kemudian perlu diproses untuk dipilih mana yang masuk ke DA harian untuk menjadi fokus kita sehari-hari, dan mana yang kita masukan dalam berbagai kriteria lain, bisa terkait dengan someday/maybe, proyek yang perlu kita monitor, menunggu respond dari seseorang (pending item di orang lain), bisa juga kita pilah berdasarkan area hidup untuk memahami seberapa seimbangnya kita mengatur aktivitas kita.

Anda perlu meng-update DA Lengkap Anda dalam hitungan minggu atau bulan tergantung pada dinamika kehidupan yang tengah Anda hadapi.

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *