Life Matters by Roger Merril & Rebecca R. Merril (2003)

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 52, Jumat, 26 Pebruari 2016

Life MattersPasangan suami istri ini adalah co writer di buku terbaik dalam bidang Manajemen Waktu ataupun Produktivitas diri, yaitu First Things First, bersama Stephen Covey.

Membaca buku ini seperti membaca cerita keluarga dari mereka berdua mengenai cara membuat sebuah kehidupan yang bermakna dari sudut pekerjaan, keluarga, waktu, uang dan kebijaksanaan.

Buku ini jauh lebih ringan dari First Things First dan banyak berisi sharing mereka berdua, yang nuansanya mengingatkan pada persona sharing Stephen Covey pada berbagai bukunya.  Saya sendiri tertarik untuk membaca buku ini karena ingin mendapatkan kedalaman seperti di buku sebelumnya, sayangnya, menurut saya, buku ini memang dibuat lebih populer.

Bila Anda telah membaca First Things First ataupun seorang penikmat berbagai buku pengembangan diri dan manajemen waktu maka relatif tidak ada yang baru dari buku ini.  Saya rasa buku ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mengupayakan keseimbangan dalam hidup – bukankah sebagian besar dari kita memang begitu? – karena ia menawarkan sudut pandang yang pas pada berbagai aspek di atas.

Bila Anda senang dengan buku yang berisi sharing pengalaman maka buku ini cocok bagi Anda.  Sayangnya pengalaman yang di share sebagian besar adalah pengalaman mereka berdua.  Buku ini juga tidak berat dengan teori, dan menekankan pada membangun perspektif yang tepat.

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Rendah

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 65 %

Level bacaan: pemula

G. Suardhika

Trainer dari Training Modern Time Management Jakarta