Making it All Work by David Allen (2009)

Comment

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 190, Jumat 29 Desember 2017

David Allen menulis 3 buku terkait dengan konsep Get Things Done (GTD).  Blog ini hanya akan me-review dua dari tiga buku tersebut.  Inilah buku kedua tersebut.

Buku ini melengkapi konsep yang diuraikan di GTD dengan mengelaborasi lebih detail aspek horisontal dan vertikal yang telah kita bahas di resensi GTD.  Aspek Horisontal disebut sebagai lima tahap pengendalian aktivitas.  Sedangkan aspek vertikal disebut sebagai enam tingkat perspektif penentuan prioritias.

Bila di buku sebelumnya pembahasan mengenai perspektif yang lengkap tidak dibahas dengan cukup detail, maka di sini ke enam aspek tersebut (mulai dari next actions sampai dengan purpose) dibahas per aspek mulai dari bab 12 sampai dengan 17.  Dan diringkas di Appendix vii.

Beberapa pembahasan lain yang merupakan pendalaman dari buku GTD diantaranya adalah:

  • Dalam pembahasan mengenai capturing, David membahas proses capturing pada setiap level vertikal (halaman 81 – 86).
  • Pembahasannya mengenai organizing juga dibuat dalam struktur dan diagram yang lebih sistematis sehingga lebih mudah diikuti (bab 7).
  • Pembahasan mengenai engaging (bab 9) juga dituangkan dalam diagram di halaman 179. Dalam diagram tersebut disebutkan bahwa faktor-faktor yang akan menentukan engagement adalah strategi (yang terkait dengan 6 tingkat perspektif), dan faktor pembatas: konteks, waktu dan sumber daya yang tersedia.  Serta jenis aktivitas yang akan dilakukan, apakah terkait mengeksekusi aktivitas yang sudah direncanakan, me-respond aktivitas yang baru atau meng-update
  • Review mingguan juga diperjelas dengan mengungkapkan tiga hal yang ingin dicapai dari aktivitas tersebut: get clear, get current & get creative (halaman 220), dengan ringkasannya ada di Appendix v.

Sesuai judul bukunya, Making it All Work, buku ini diharapkan menjadi panduan lebih praktis untuk dapat mengimplementasikan GTD dengan baik.  Sistematika GTD akan tergambar lebih jelas bila telah membaca buku ini.

 

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Sedang

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 99%

Level bacaan: tengah awal

 

Recommended Video/Audio

Karena pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam referensi lebih lanjut buku ini dibandingkan GTD maka isi video dan audio yang direkomendasikan sama dengan resensi buku GTD (Edisi 184 Blog in).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *