‘Memanen’ Waktu

Blogs

Edisi 87, Selasa, 28 Juni 2016

Bila Anda seringkali merasa tidak punya cukup waktu untuk mengerjakan sesuatu hal, bisa jadi karena Anda kurang berhasil dalam ‘bertani’ waktu.  Untuk mendapatkan waktu yang kita perlukan, maka kita perlu menanam investasi waktu yang benar, sehingga kita bisa memanennya di kemudian hari.

Kebanyakan orang lebih memahami bagaimana melakukan investasi keuangan tetapi kurang memahami bagaimana melakukan investasi waktu, padahal bila kita sepakat bahwa waktu lebih berharga dari uang, konsekuensinya, investasi waktu lebih berharga daripada investasi uang. Bagaimana cara melakukan investasi waktu?

Sama seperti investasi keuangan, maka kita perlu memilih penggunaan waktu untuk aktivitas apa di saat ini yang akan memberikan panen yang besar di kemudian hari.

Kita bisa memulai dengan memahami aktivitas rutin kita dan melihat aktivitas rutin mana yang bisa segera didelegasikan.  Tapi belum ada yang siap untuk menerima delegasi kita?  Berarti kita perlu memberdayakan orang tersebut.  Menggunakan waktu untuk memberdayakan orang-orang di sekitar kita, dalam kaitan dengan pekerjaan ataupun tidak, merupakan salah satu investasi waktu yang baik.

Investasi penting yang lain adalah perbaikan prosedur kerja atau sistem.  Dengan perbaikan sistem kita ingin menemukan cara yang lebih efisien dan efektif untuk melakukan sesuatu hal bersama tim kita.

Last but not least adalah investasi di diri kita.  Untuk bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian kita.  Tidak saja dalam bidang profesi yang kita geluti, tetapi juga dalam kemampuan kita meningkatkan produktivitas diri kita, melalui MPD ini salah satunya, Manajemen Produktivitas Diri.

Kita tentu perlu menyadari bahwa tidak setiap investasi akan menghasilkan return yang baik.  Tidak setiap saat kita bisa memanen investasi waktu kita.  Pada akhirnya yang penting bukan hasilnya, tetapi peningkatan kemampuan kita dalam memilih dan melakukan investasi waktu.  Karenanya, jangan ragu untuk mengambil resiko yang terkalkulasi dalam melakukannya.  Selamat bercocok tanam.

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta