Menganalisis Waktu (1)

Blogs

Edisi 124, Selasa 20 Desember 2016

Terlepas dari permasalahan yang ada dalam menerapkan pendekatan Manajemen Waktu (MW), beberapa skill yang dibahas dalam topik tersebut tentu tetap menarik untuk dibahas dan bermanfaat untuk diaplikasikan.  Pertama-tama, marilah kita bahas ketrampilan analisis waktu.

Pendekatan MW meyakini bahwa permasalahan dalam mengelola waktu ada karena ketidakmampuan kita untuk mengalokasikan waktu kita dengan baik.  Dengan meningkatkan ketrampilan dalam mengalokasikan waktu dengan optimal, maka kita akan dapat menggunakan lebih banyak waktu kita untuk melakukan hal-hal penting melalui sebuah pembuatan jadwal kerja dengan baik.

Terdengar sederhana tentunya bila kita melakukannya cukup satu kali saja.  Namun ketika kita perlu secara konsisten melakukan hal tersebut untuk mendapatkan pola penggunaan waktu yang optimal, maka hal tersebut menjadi cukup challanging.  Kenapa?

Salah satunya karena sulitnya upaya untuk memberikan perkiraan waktu yang cukup akurat, terutama bila pekerjaan tersebut belum pernah kita lakukan.  Karenanya pendekatan praktis yang ada umumnya sekedar melakukan prioritas tanpa memberikan alokasi waktu kepadanya.  Dalam hal ini fokus kita pada upaya untuk mengerjakan sesuai dengan urutan prioritas yang ada.

Sebetulnya dalam MW, pengalokasian waktu diperlukan untuk memastikan agar kita dapat bekerja dengan cepat dan efisien dalam mengerjakan berbagai hal.  Tanpa pengalokasian waktu proses monitoring efisiensi ini akan sulit dilakukan.

Di sisi lain, sebagian orang yang mencoba berdisiplin dalam mengalokasikan waktu, menemukan bahwa mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat pengalokasian waktu tersebut.  Atau menjadi frustasi karena kesulitan untuk memenuhi jadwal yang sudah mereka tetapkan.

Dengan tidak diterapkannya alokasi waktu dalam setiap aspek pekerjaan, maka secara praktis tekanan untuk efisiensi kerja lebih sering datang dari lingkungan, ataupun dead line yang ada.  Dalam konteks ini, efisiensi tetap terjadi walau tanpa monitoring waktu.

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta