Mengikuti Trend IT dengan efektif?

Blogs

Edisi 40, Jumat, 15 Januari 2015

Baiklah rangkaian series tulisan terkait IT dan produktivitas diri, saya tutup dengan tulisan berikut ini.  Yaitu mengenai bagaimana respond kita dalam menghadapi trend perkembangan gadget yang begitu cepat.

Ada beberapa sikap orang terkait gadget.  Yang melihatnya sebagai bagian dari life style, biasanya akan selalu berusaha mengikuti trend yang ada.  Bila tidak mengikuti trend kelompoknya, dia merasa ada yang salah dengan gadget-nya.  Apalagi bila ada software baru yang tidak bisa digunakan di gadget-nya, maka rasanya dia sudah menjadi manusia kuno.

Karena pendekatannya life style maka fungsi tidak menjadi pertimbangan penting.  Pada kelompok ini, yang lebih penting adalah tampilan dari gadget tersebut.

Yang kedua adalah yang senang pada aspek fungsional dan kecanggihan dari perkembangan teknologi yang ada.  Mereka ini biasanya orang-orang yang fasih dengan perkembangan IT.  Mereka mengikuti perkembangan dan mengetahui feature-feature yang baru.  Lebih rasional dalam memilih gadget, namun kadang adopsi teknologi baru lebih karena kesenangannya untuk selalu terdepan, bukan karena kebutuhannya.

Kedua tipe di atas biasanya mempunyai kecenderungan untuk memiliki gadget lebih dari yang diperlukan.  Tipe ketiga adalah yang termasuk gatek, gagap teknologi.  Paling malas mengikuti perkembangan teknologi sehingga paling sulit mengadopsi kemajuan teknologi untuk dioptimalkan.  Bila dua yang pertama seringkali memiliki lebih banyak dari yang dibutuhkan, yang ini memiliki kurang dari apa yang dibutuhkan.

Lalu mana yang optimal?  Bisa jadi ini.  Mereka yang tahu persis apa yang diperlukannya.  Paham proses produktivitas dirinya.  Paham apa yang bisa ditingkatkan dan bersedia untuk belajar untuk mengoptimalkan proses tersebut.

Pada umumnya kita belum mempunyai kebiasaan untuk memahami proses produktivitas kita saat ini dan apa yang kita butuhkan untuk ditingkatkan.  Ini adalah tantangan pertama.  Tantangan lainnya adalah pada kemampuan untuk memonitor perkembangan teknologi dan menemukan apa yang pas untuk kebutuhan kita.

Bila kita melakukan hal ini maka adopsi teknologi kita akan lebih pas untuk meningkatkan produktivitas kerja kita di perusahaan.

Karenanya memang jauh lebih mudah mengikuti trend perkembangan IT sesuai dengan trend di kelompok saja, atau memonitornya karena memang hobinya atau…ya biarkan saja diri tertinggal dulu, baru ketika sudah ‘terbukti’ oleh orang lain, kita ikuti.

Anda masuk kelompok yang mana?

G. Suardhika

Trainer dari Training Modern Time Management Jakarta

Berminat untuk mengikuti pelatihan mengenai IT dan Produktivitas Diri, silakan klik informasi di sini.