Model MPD 5: Improving

Comment

Blogs

Edisi 210, 1 Mei 2018

Improving adalah tahap terakhir dari Model MPD.  Dia adalah tahap yang memungkinkan keseluruhan proses terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.  Improving dibagi atas tiga macam: Improving Kapasitas, Improving Sistem dan Improving Opersional.

Improving Kapasitas terkait dengan peningkatan kapasitas kita dalam meningkatkan produktivitas diri.  Ini bisa terkait dengan kemampuan fisik ataupun skill teknis kita dalam bidang pekerjaan kita ataupun dalam kemampuan dan ketrampilan kita dalam produktivitas diri.  Dengan demikian yang dimaksud dengan Improving Kapasitas adalah improving dari diri kita sendiri, dari Pelaku di dalam Sistem.

Improving Sistem terkait dengan pembenahan sistem MPD kita, mulai dari Directing sampai Executing.  Misalnya bagaimana kita mengatur aktivitas Directing kita dan bagaimana mengimplementasikan sebuah perubahan di Directing.

Improving yang terakhir adalah improving operasional, yang terkait dengan perbaikan kita sehari-hari, diantaranya terkait dengan perencanaan mingguan ataupun eksekusi sehari-hari.

Demikianlah lima tahap utama dalam Manajemen Produktivitas Diri yang kami gambarkan dalam Model MPD, yaitu Directing, Planning, Executing, Recovering dan Improving.  Detail dari setiap proses ini Insya Allah akan digambarkan dalam buku utama MPD: Gran Model MPD yang Insya Allah akan menjadi buku ketiga setelah 2 buku yang diambil dari blog Produktivitas Diri.

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *