MPD at Work: Aspek Sikap Kerja

Selamat Datang

Salam Produktif,

Bagi MPD-er yang terus menyimak berbagai tulisan di blog ini, mungkin sudah dapat men-sense bahwa fokus dari produktivitas diri adalah pada level individu, yang diantaranya berupa pencapaian purpose individu dan proses keterlibatan optimal dalam aktivitas sehari-hari.

Kita tentu memahami akan pentingnya hal tersebut bagi produktivitas diri.  Di sisi lain, kita juga memahami bahwa melakukan alignment hal tersebut dengan produktivitas di tempat kerja adalah sebuah tantangan tersendiri.  Padahal, tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan dalam pengelolaan produktivitas diri di tempat kerja akan sangat menentukan pencapaian dalam berbagai dimensi lain dalam hidup seseorang, keluarga, sosial, relasi, agama, dll.

Rangkaian tulisan berikut, diberi judul seri, ‘MPD at Work’.  Karena luasnya area pembahasannya, maka dalam seri kali ini, baru sebagian saja yang akan kita bahas.  Kita akan membaginya menjadi 2 bagian.  Bagian pertama, akan berbicara mengenai berbagai aspek terkait dengan produktivitas di tempat kerja:  produktivitas diri dan sikap kerja, relasi atasan bawahan, perilaku dan pengaruh kepemimpinan, serta sistem dan budaya organisasi.

Sementara itu, bagian kedua akan berbicara mengenai efek dari produktivitas diri yang optimal di tempat kerja.  Apa faktor yang mempengarahui dan apa saja hambatannya.  Bagaimana mencapai relasi win-win dalam hubungan antara organisasi dan individu.

Pada seri bagian pertama, MPD at Work: Berbagai Aspek Terkait Produktivitas Diri di Tempat Kerja, kita akan mulai dari Aspek Sikap Kerja.

Isi dari seri tulisan ini adalah