MPD dan Self Skills

Comment

Selamat Datang

Pengantar

Self skills, Apa itu?  Mari kita mulai dengan menggunakan definisi operasional nan sederhana ini:  self skills adalah ketrampilan pengelolaan emosi, kognisi (pikiran), sikap, kecenderungan kepribadian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.  Dalam konteks MPD, tentunya tujuan itu adalah produktivitas diri.

Saya memahami definisi di atas masih terlalu umum.  MPD sendiri tentunya adalah sebuah self skills.  Dengan demikian kalau di dalam seri ini kedua term ini digabungkan, MPD dan Self Skills maka yang sebetulnya ingin dicapai adalah sebuah perspektif yang lain dalam memahami MPD, yaitu memahami self process yang ada dan diperlukan untuk tercapainya produktivitas diri yang optimal.  Diantaranya:

  • Pengenalan diri: bagaimana self process dalam pengenalan diri akan membawa seseorang pada pemahaman akan kemampuan, minat dan life purpose nya.
  • Mengelola emosi. Kesulitan untuk mengelola beberapa emosi negatif, biasanya sangat menghambat produktivitas diri.  Apa mekanisme antara emosi dan produktivitas diri tersebut?

Semoga perspektif Self Process & Self Skills ini dapat memperluas dan memperdalam pemahaman mengenai produktivitas diri.  Amin.

Isi dari seri tulisan ini adalah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *