Organisasi dan MPD

Comment

Selamat Datang

Kata Pengantar,

Berjalannya organisasi dengan baik, sangat vital bagi berjalannya Manajemen Produktivitas Diri (MPD).  Organisasi yang baik ibarat sebuah ladang yang subur.  Tanpa ladang yang subur sulit kita berharap MPD bisa tumbuh.

Pembahasan mengenai disain organisasi yang ideal buat sebuah bisnis sudah menjadi sebuah ilmu tersendiri.  Mulai dari struktur organisasi yang fungsional, divisional, geografik, matrix, dan lain-lain didisain dan dikaji efektivitasnya untuk berbagai macam bisnis yang ada saat ini.

Seri MPD dan Organisasi tidak akan masuk ke dalam area pembahasan itu.  Seri ini akan fokus pada hal-hal penting dalam organisasi yang berpengaruh terhadap MPD, terutama terkait dengan prinsip dasar bekerjanya organisasi yang justru tidak diikuti dengan baik oleh sebagian organisasi modern saat ini.

Penekanan pada hasil yang cepat dengan kurang mengindahkan pembangunan sistem dan budaya menyebabkan organisasi dibangun tidak di atas fondasi yang kuat, sehingga tidak dapat bertahan dalam waktu lama.

Seperti semangat dari blog ini, seri ini tidak bermaksud memberikan pemahaman teoritis mendalam mengenai organisasi yang umumnya didapat oleh mahasiswa manajemen.  Ia hanya akan me-refresh pemahaman kita mengenai berbagai isue penting organisasi yang terkait dengan tercapainya produktivitas diri dan organisasi.

Dengan demikian ia hanya akan bergerak dalam diskusi yang merupakan irisan antara MPD dan organisasi.  Khususnya dalam pertanyaan berikut: apa yang perlu dipahami dan dilakukan individu di dalam organisasi untuk meningkatkan produktivitasnya?  Sebaik dalam posisi karyawan ataupun pemimpin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *