Organize your Mind, Organize your Life (2012) By Paul Hammerness, MD & Margaret Moore

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 70, Jum’at, 29 April 2016

Organize Your Mind

Ini jelas bukan buku pertama yang ditulis oleh seorang psikiater pada topik yang terkait dengan produktivitas diri.  Anda sudah bertemu dengan Ted Hallowell, dan anda akan bertemu dengan tokoh penting lainnya, diantaranya Neil Fiore dan Piers Steel pada resensi-resensi buku selanjutnya.  Tetapi ini adalah satu-satunya buku yang saya temui yang mengkolaborasikan perspektif psikiater (Paul Hammerness, MD) dan seorang wellness coach (Margaret Moore).  Keduanya bekerja di bawah insitusi Harvard, karenanya buku ini pun diterbitkan oleh penerbit di bawah naungan Harvard University.

Paul Hammerness adalah Asisten Profesor Psikiatri dari Harvard Medical School, sedangkan Margaret Moore adalah co founder dan co director dari Institute of Coaching at McLean Hospital yang berafiliasi dengan sekolah yang sama.

Tentunya dengan niat menjembatani antara pemahaman akademis dan penerapan praktis maka kedua ahli ini menggarap topik ini secara bersama-sama di setiap bab nya.  Perspektif yang diajukan adalah bahwa untuk dapat mengorganisasikan kehidupan kita dengan baik (dan dengan demikian mengoptimalkan produktivitas diri kita), maka kita perlu mengorganisasikan ‘mind’ kita, cara berpikir kita.  Tahapan yang mereka tawarkan sebagai berikut.

Pertama-tama kita perlu mengendalikan emosi kita.  Fluktuasi emosi seringkali menjadi penghambat untuk didapatnya pemikiran yang jernih dan fokus.  Karenanya kemampuan untuk mengendalikan emosi merupakan tahap pertama.

Kemudian kita perlu belajar untuk mempertahankan perhatian kita.  Bagaimana menjaga agar kita bisa punya kendali terhadap perhatian kita, sehingga tidak mudah terganggu lingkungan ataupun gangguan dari dalam diri kita.

Tahap ketiga adalah kemampuan untuk menghentikan pemikiran ataupun tindakan untuk kemudian di arahkan pada hal yang kita perlukan.

Tahap keempat adalah mengolah informasi.  Dengan kemampuan working memory kita, kita dapat memproses informasi, menganalisa dan merencanakan tindakan.  Kemampuan ini sangat penting karena pada dasarnya setiap saat, pada waktu kita tengah sibuk bekerja, kita perlu memproses berbagai informasi yang ada untuk menentukan apa yang ingin kita lakukan saat ini ataupun keputusan apa yang akan kita ambil.

Tahap berikutnya adalah kemampuan untuk mengalihkan perhatian dan aktivitas dari satu hal ke hal lain.

Tahap terakhir, tahap keenam adalah kemampuan untuk melakukan semua proses di atas secara lancar.

Dalam setiap tahap tersebut, Paul akan menyampaikan perspektif akademisnya, khususnya terkait teori dan penelitian yang ada di area brain science, dan kemudian coach Meg akan menyampaikan berbagai tip praktis.

G. Suardhika

Trainer dari Training Modern Time Management Jakarta

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Menengah

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 70%

Level bacaan: menengah (sebaiknya dibaca ketika Anda sudah cukup membaca berbagai topik terkait lainnya)

 

Recommended Video, Audio dan Research

Presentasi yang cukup lengkap dari Margaret Moore mengenai buku ini bisa dibuka di https://www.youtube.com/watch?v=hPUmxToKO6g.

Dalam perspektif yang lebih luas, namun lebih menarik karena di dalamnya terdapat sharing moore dalam membentuk wellness coach dan mengenai asesment terhadap aktivitas otak, bisa dilihat di

https://www.youtube.com/watch?v=7paFx9hJe0M