The Flow of Productivity

Comment

Selamat Datang

Pengantar

Salam Produktivitas,

MPD-er,

Mumpung masih di bulan pertama tahun 2018 ini, ijinkan kami menyampaikan selamat tahun baru 2018.  Have a more productive year.

Di tahun baru ini, dengan berbagai pergeseran fokus dalam penggunaan waktu menulis saya, maka mulai tahun ini artikel yang berupa resensi buku, yang tadinya hadir sebulan sekali, akan hadir dua bulan sekali setiap bulan genap di hari jumat terakhir di bulan tersebut.  Insya Allah.

Rekan MPD-er,

Salah satu perbedaan pendekatan yang utama antara MPD dan MW (Manajemen Waktu) adalah MPD meyakini akan sebuah pendekatan proses dalam optimasi.  MW lebih pada pendekatan event, yaitu menghilangkan berbagai time waster yang ada.  MPD meyakini bahwa untuk dapat mengelola waktu dengan baik, kita tidak cukup hanya mengendalikan aktivitas di hilir tetapi juga sumber penyebab adanya aktivitas tersebut yang ada di hulu.

Keyakinan akan pentingnya proses menyebabkan Model MPD dibangun di atas 4 proses utama, yang disebut sebagai Directing, Responding, Recovering& Developing.  Keempat model tersebut akan dibahas lebih detail di dalam buku utama MPD yang Insya Allah akan hadir sebagai buku ketiga atau keempat dari Buku Seri Produktivitas Diri.

Seri Blog kali ini, the flow of productivity Insya Allah akan menjadi judul buku seri blog kedua setelah The Missing 40 Percent.  Buku The Missing 40 Percent ini Insya Allah akan terbit di semester pertama 2018 ini.

The flow of productivity sebetulnya mengacu pada adanya aliran aktivitas yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah kehidupan yang produktif.  Ini istilah yang digunakan untuk menyebut pada ‘the flow of activities to make a productive life’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *