The Now Habit by Neil Fiore (2007)

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 131, Jumat, 27 Januari 2017

The Now HabitIni sebuah buku jadul yang tetap menarik dan relevan buat MPD.  Bahkan saya bisa katakan ini merupakan salah satu buku penting bagi konsep MPD.  Buku yang diterbitkan pada tahun 2007, ini merupakan edisi revisi dari penerbitan awal buku ini, 1989.

Saat ini, pembaca blog ini tentunya paham bahwa MPD dibangun di atas berbagai topik dari berbagai ahli dengan latar belakang profesi berbeda.  Selain praktisi leadership, seperti Peter Bregman, atau jurnalis seperti Tony Schwartz, atau bahkan seorang dengan background operation research seperti Francis Wade, dan, tentunya, psikolog ataupun psikiater juga merasa dekat dengan topik terkait produktivitas diri.

Ada 2 buku dari kelompok ini yang telah kita bahas, satu buku karya Paul Hammerness, MD & Margaret Moore di Edisi 70 (http://produktivitasdiri.co.id/organize-your-mind-organize-your-life-2012-by-paul-hammerness-md-margaret-moore/).  Satu lagi buku karya Edward M. Hallowell, MD di Edisi 44.  Benang merah dari kedua buku ini dan buku Fiore yang akan kita bahas ini, adalah concern terhadap aspek psikologis dalam kita mengatasi loading kerja yang tinggi.

Saya menyukai buku ini karena pendekatannya yang praktis dan metodologis dalam mengatasi kecenderungan kita untuk menunda (procrastination).  Dalam 2 bab pertama, Fiore membahas mengenai mengapa dan bagaimana seseorang melakukan procrastination.

Fiore mengatakan procrastination adalah sebuah mekanisme penyesuaian diri yang kita lakukan untuk mengatasi kecemasan kita karena kita menunda sebuah pekerjaan.  Ia melindungi ego kita dari kemungkinan gagal atau menjalankan sesuatu yang kita tidak sukai.  Sayangnya, mekanisme penyesuaian diri ini, seperti kita ketahui, akan selalu gagal, karena cara yang paling efektif dalam mengelola perasaan cemas tersebut, justru melakukan pekerjaan atau aktivitas tersebut.  Menundanya hanya akan menambahkan rasa cemas kita dengan kekhawatiran dan penyesalan.

            Fiore kemudian menyarankan berbagai tip terkait dengan:

  • Bagaimana kita mengembangkan self talk yang positif, mengambil posisi master bukan victim (bab 3)
  • Pentingnya menyediakan waktu untuk aktivitas menyenangkan (bab 4)
  • Pentingnya memulai dengan hal yang kecil, fokus pada saat ini, dan mengelola kecemasan kita (bab 5)
  • Melakukan unscheduling, yang kita akan bahas di edisi berikutnya.
  • Mengurangi peran dari otak kita yang suka menilai dan mengantisipasi, dan fokus pada bagian otak kita yang inovatif, untuk mendapatkan flow (bab 7).

Buku ini bermanfaat bagi kita untuk mengenali dan mengatasi hambatan dari dalam diri yang menyebabkan kita tidak bekerja optimal.

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Sedang

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 85%

Urutan Bacaan dibanding buku yang lain: Awal

Recommended Video, Audio dan Research

https://www.youtube.com/watch?v=295QIx2hO-s