Tiga Tujuan DA

Comment

Blogs

Edisi 176, 10 Oktober 2017

Sebelum kita melangkah lebih jauh membahas berbagai tips dan trick dalam membuat DA, mari kita pahami dulu apa tujuan pembuatan Daftar Aktivitas (DA).

Tujuan pertama jelas untuk meringankan otak Anda dari tugas mengingat berbagai hal yang perlu Anda lakukan.  Anda mungkin bisa dengan mudah mengingat berbagai aktivitas penting pada saat Anda duduk tenang di kantor.Tetapi ketika berbagai interupsi sudah mengganggu, maka dengan mudahnya kita dapat terbawa kepentingan-kepentingan sesaat dan kehilangan sudut pandang yang besar untuk memahami aktivitas mana sebetulnya yang merupakan prioritas kita saat ini.

Disinilah tujuan kedua muncul.  DA yang baik akan membantu kita untuk fokus.  Ketika Anda sedang bingung, ‘apa prioritas saya sekarang’, melihat DA harusnya bukan membuat kita tambah bingung, tetapi memberikan fokus dan mengarahkan Anda pada berbagai aktivitas yang perlu dilakukan.  Damon mengingatkan kita akan hal ini (To Do List Formula , hal 10).  DA lebih bertujuan untuk memberi fokus daripada memastikan pekerjaan kita selesai.

Bila memenuhi tujuan pertama, kita dibantu untuk mengingatkan tugas kita.  Maka tanpa tujuan kedua, kita bisa saja menyelesaikan berbagai pekerjaan tetapi bukan pekerjaan yang paling berdampak.  Bukan aktivitas yang menjadi prioritas.

Untuk dapat memenuhi tujuan tersebut, maka DA perlu didekati secara strategis.  Kita bisa menuangkan berbagai hal yang ingin kita lakukan ke dalam master list DA, tetapi ketika kita membuat DA kita untuk hari ini, maka fokus kita adalah hanya menemukan beberapa aktivitas prioritas yang bisa kita selesaikan pada hari ini.

Dengan pemahaman itu kita sampai pada tujuan DA yang ketiga, ia mempersiapkan mindkita dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari.  Walaupun tujuan DA pertama bisa meringakan beban working memory kita, tetapi proses membuat DA secara strategis membantu kita untuk mempersiapkan mindset yang tepat dalam menghadapi hari kita.  Dan ini lebih penting dari daftar aktivitas itu sendiri.

Dalam proses membuat DA, mind kita bekerja dalam proses yang sesuai dengan nature-nya, dan karena itu kita pun melakukannya dengan tenang dan nyaman.  Bagaimana proses pembuatan DA dalam kaitan dengan mind kita, kita akan bahas di edisi berikut.

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *