Time Management from the Inside Out by Julie Morgenstern (2004)

Comment

Blogs Recomended Books/Videos

Edisi 168, Jumat 25 Agustus 2017

Buku ini saya bisa sebut sebagai salah satu buku Manajemen Waktu (MW) plus.  Kata ‘plus’ perlu digarisbawahi karena walaupun pendekatan buku ini menggunakan kerangka dasar MW, namun penulisnya berusaha memberikan nilai lebih dari bukunya sebagai upayanya untuk memberikan pendekatan yang lebih efektif dibanding MW.

Julie awalnya lebih dikenal sebagai ahli dalam pengorganisasian file.  Buku pertamanya berbicara mengenai hal tersebut.  Pendekatan yang ia gunakan di dalam buku ini juga masih diwarnai cara berpikir yang sama.  Khususnya di bagian kelima dari buku ini ketika ia membicarakan formula SPACE (Sort: urutkan, Purge: , Assign a Home: tentukan lokasinya, Containerize (batasi) dan Equalize (seimbangkan)).  Hanya dalam buku ini objek pembahasannya diubah dari file ke aktivitas.

Inti dari buku ini berada di tiga bagian terakhir: Analyze, Strategize & Attack.  Formula SPACE termasuk dalam bagian pembahasan Attack

Pendekatan yang praktis terhadap berbagai masalah yang ada, ditambah dengan berbagai contoh kasus yang sederhana menyebabkan buku ini merupakan bacaan yang ringan namun bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas kita dalam MW.

Hal menarik pertama yang saya temukan di awal buku adalah ketika Penulis membagi tiga level diagnostic dalam melihat penyebab tidak optimalnya MW: Kesalahan Teknis, Realitas External dan Hambatan Psikologis.  Kesalahan teknis karena kita tidak menguasai teknik-teknik yang diperlukan.  Realitas external terkait hambatan yang bersumber dari lingkungan.  Sedangkan hambatan psikologis terkait dengan dorongan psikis tertentu yang menghambat kita menjalankan MW dengan baik (hal. 18).

Bab 4 berisi formula WADE yang digunakan ketika kita mengalami beban kerja berlebihan.  Write it Down (tuliskan), Add it Up (kumpulkan dan buat estimasi waktu untuk mengerjakannya), Decide (putuskan dengan empat D: Delete (buang), Delay (tunda), Delegate (delegasi), Diminish (efisiensikan dengan jalan pintas).

Salah satu tahap penting dalam Analyze adalah mengevaluasi aspek apa dari MW yang sudah berjalan dengan baik dan mana yang belum (Bab 7). Untuk itu, buku ini menyediakan daftar pertanyaan yang diantarnya terkait dengan goal, kemampuan kita memperkirakan penggunaan waktu sehari-hari, kecenderungan menunda, kemampuan delegasi, dll.

Pada bab selanjutnya, Julie mengajak pembaca untuk menentukan pengelompokkan penggunaan waktu kita berdasarkan faktor yang dianggap penting.  Dengan pengelompokkan tersebut, kita dapat lebih jelas melihat apakah penggunaan waktu kita sudah sesuai dengan fokus dan keseimbangan hidup yang ingin kita capai.

Ketika masuk ke tahap Strategize, pembahasan dimulai dengan memahami Sasaran Jangka Panjang dan menurunkannya ke dalam aktivitas-aktivitas.  Setelah melakukan itu barulah mem-plot aktivitas ke dalam apa yang disebut Time Map.  Time Map diantaranya berisi penjadwalan aktivitas.

Tahap terakhir, Attack, berisi formula SPACE yang sudah kita bahas di atas.

 

Kualifikasi Buku:

Tingkat kesulitan (menggambarkan kesulitan bahasa dan pembahasan):  Rendah

Tingkat relevansi (menggambarkan keterkaitan dengan konsep praktis produktivitas diri): 80%

Level bacaan: awal

 

Recommended Video/Audio

Presentasi Julie: https://www.youtube.com/watch?v=0f7eSoUPjGc

Wawancara Julie: https://www.youtube.com/watch?v=RNspr8karlE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *