Why, What, How & When

Why, What, How & When

Edisi 261, 19 Maret 2019

Tanpa kita sadari pergerakan dunia yang begitu cepat, membuat kita lebih sering berada pada area what, how & when.  Apa yang perlu dikerjakan?  Bagaimana caranya? Dan kapan harus selesai?  Sebetulnya ketiga pertanyaan ini mengacu pada area operasional atau area eksekusi.  Pendekatan tersebut, bisa jadi pendekatan yang tepat, bila hal-hal berikut terpenuhi.

Pertama.  Anda sedang berada pada situasi yang genting.  Di tengah keramaian ada yang berteriak kebakaran, ketika anda menoleh anda melihat kepulan asap yang tebal.  Maka lari menjauh adalah pilihan yang tepat.

Kedua.  Ketika anda berada pada pekerjaan yang sederhana dan membutuhkan waktu yang singkat.   Atau berbagai ciri pekerjaan operasional sederhana lainnya seperti pekerjaan rutin dengan standard yang jelas.

Diluar hal-hal di atas, maka bertanya why pada saat-saat tertentu diperlukan.  Mengapa harus mendahulukan pekerjaan itu?  Mengapa harus dengan cara itu?  Apa manfaatnya pekerjaan ini bagi karir dan hidup saya?  Apakah ini pekerjaan yang mempunyai manfaat besar bagi organisasi?

Pertanyaan why membantu kita untuk memastikan kita berada di jalur karir dan hidup yang tepat.  Pertanyaan why lebih mendekatkan kita pada efektivitas pekerjaan kita.  Bertanya why semakin diperlukan ketika posisi Anda di organisasi semakin tinggi, ketika tugas Anda memerlukan kreativitas dan lebih bersifat strategis.

Pressure banyak datang dari how & when, dan bisa terkelola dengan lebih baik bila kita menggunakan cukup waktu di why.  Mengapa kita melakukan itu dan mana yang menjadi prioritas kita.

Terlalu banyak orang yang mengeksekusi harinya dengan bagus dari mulai bangun di pagi hari sampai dengan tidur di malam hari, tanpa sempat berpikir apakah kehidupan seperti ini yang diinginkan?  Tanpa sempat memperkirakan bila saya melakukan kehidupan seperti ini terus, maka saya akan sampai di mana?

Adalah ideal bila kita tidak masuk ke eksekusi dulu sebelum kita nyaman dengan jawaban kita terhadap pertanyaan why?

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta´╗┐

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to cs@produktivitasdiri.co.id

× Butuh info?