Bad Boss (4): Ketidakmampuan Memimpin

Bad Boss (4): Ketidakmampuan Memimpin

Edisi 303, 28 Januari 2020

Ada berbagai perwujudan dalam ketidakmampuan memimpin.  Pada satu titik esktrim, kita menemukan pemimpin yang tidak berfungsi.  Ia tidak melakukan peran pemimpin apapun.  Ia hanya asyik dengan pekerjaannya sendiri dan mengembalikan berbagai permasalahan dan keputusan pada tim nya.  Ia berharap dengan cara itu, ia selalu bisa melemparkan kesalahan pada staf.  Pemimpin dengan tipe ini membuat proses kerja tidak berjalan dengan baik, karena baik atasan ataupun bawahan tidak berani mengambil keputusan.

Kegagalan memimpin yang lain, tentunya adalah pemimpin yang sentralistik dan otoriter setiap saat.  Ia merasa tugas pemimpin adalah memikirkan semua masalah dan mengambil semua keputusan karena staf tidak akan mampu melakukannya.  Mereka umumnya tidak mampu mengembangkan relasi yang baik dengan tim nya. 

                Pemimpin seperti ini membuat staf merasa tidak berdaya.  Karena semuanya harus menunggu sang pemimpin.   Beban kerja bisa jadi minimal, namun motivasi untuk mengerjakannya juga minimal.  Susahnya, ketika kepepet, maka baru banyak hal dilimpahkan ke tim, tanpa insturksi yang jelas. 

                Adalagi tipe Pemimpin yang memang pada dasarnya mempunyai moral yang buruk.  Yang penting buat dia hanya keuntungan bagi dia.  Sehingga dia akan melakukan apa saja untuk memastikan posisi dia terlindungi, dan memperlakukan pihak lain seenaknya saja.  Ini tipe pemimpin penjilat.  Ia selalu mencari selamat, bermain politik untuk karirnya dan tidak terlalu perduli dengan kinerja.  Ia memperlakukan tim nya sebagai alat semata.  Alat untuk mencapai berbagai ambisinya.                 Pada level masalah yang lebih rendah dampaknya, tentu ketidakmampuan memimpin bukan karena isu karakter, tetapi karena isu teknis.  Ketidakmampuan berkomunikasi, melakukan coaching, mengambil keputusan, dan lain-lain yang umumnya lebih mudah diatasi melalui pelatihan ataupun mentoring.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to cs@produktivitasdiri.co.id

× Butuh info?