Dua Bias Persepsi

Dua Bias Persepsi

Edisi 334, 2 Maret 2021

Ketika berhadapan dengan tugas, ada 2 bias persepsi yang perlu Anda pahami, yaitu bias terkait diri Anda dan bias terkait tugas yang dihadapi.  Bias terkait diri mengatakan: Saya tidak mampu dan tidak berminat dengan tugas ini.  Bias terkait tugas: tugas ini sulit dan saya membenci semua aspeknya.

Percayalah, kita biasanya menerima dengan mudah berbagai bias tersebut agar kita bisa membangun excuse untuk tidak melakukan tugas tersebut.  Karena itu mantra yang diberikan oleh Tim Phycil, salah seorang peneliti dari Universitas Carleton, Kanada, kemudian menjadi sangat penting ‘just get started’.  Meyakinkan diri kita bahwa terdapat bias tersebut, dan kemudian mengatasi bias tersebut dengan mengeksplor tugas yang ada dengan ‘just get started’ merupakan cara yang rasional untuk memulai hubungan yang sehat dengan tugas tersebut.

Pada tugas berulang, kesempatan untuk memperbaiki dan menjaga hubungan dengan tugas dalam jangka panjang selalu tersedia, karenanya penting untuk menemukan pendekatan yang pas agar kita jatuh cinta dengan tugas tersebut. 

Berikut beberapa prinsip untuk bisa mengoptimalkan relasi positif dengan tugas:

  • Temukan sumber enerji dalam diri untuk memulainya
  • Tahan semua prasangka yang menimbulkan berbagai bias
  • Just get started
  • Usahakan membuat awal pengerjaan semudah mungkin dengan tidak memberikan target yang tinggi
  • Berusaha untuk mencari cara menikmati pengerjaan tugas tersebut, selain mencari cara untuk menyelesaikan dengan efisien dan efektif.
  • Dengan mulai mengerjakan, kita membangun emosi positif dan self efficacy. Keyakinan diri kita bahwa kita mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut juga akan meningkat, serta kita lebih dapat menikmati dan mengeksplor berbagai aspek dari pekerjaan tersebut.
  • Pahami dinamika tugas yang ada, bagian yang disukai, bagian yang berat, bagian yang menantang dan seterusnya, baik konteks ataupun konten.

Tentukan strategi yang pas, baik untuk pengerjaan ini ataupun di masa yang akan datang, mana bagian yang didelegasikan, mana yang bisa dipersingkat, mana yang harus didahulukan, dan seterusnya.

G. Suardhika

Trainer dari training Modern Time Management Jakarta

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to cs@produktivitasdiri.co.id

× Butuh info?